Erdogan Menang, Turki dan Israel Merapat

ImageSebuah delegasi Israel dipimpin oleh walikota Rosh HaAyin, Moshe Sinai, bertemu dengan sejawat mereka di Turki dalam sebuah pertemuan yang bertujuan memulihkan hubungan bilateral Tel Aviv-Ankara.


Ynet Selasa (28/6) melaporkan, pertemuan itu diprakarsai oleh klub Turki setelah pembicaraan intensif dengan direktur hubungan diplomatik di Uni Otoritas Lokal Israel.


Di bawah bayang-bayang hubungan tegang yang sedang berlangsung antara Tel Aviv dan Ankara, mereka masih yakin bisa membangun kembali saling percaya antara Turki dan Israel.


Pertemuan itu disponsori oleh organisasi Eropa, COPPEM yang bertanggung jawab untuk memperluas kerjasama antara negara-negara Mediterania melalui pengembangan proyek-proyek sosial dan mengorganisir pertemuan-pertemuan tidak resmi antara negara-negara yang tidak menjalin hubungan diplomatik.


Pertemuan digelar sekitar 10 hari pasca kemenangan Perdana Menteri Turki Erdogan dalam pemilihan umum negara itu. Selama konvensi berlangsung, delegasi Turki mencoba untuk mengurangi kekhawatiran Israel bahwa hasil pemilu bisa mengubah karakter sekuler negara ini.


Kedua belah pihak menandatangani nota kesepahaman dan juga kesepakatan untuk mengadakan program pertukaran pemuda, dan sebuah film dokumenter Turki tentang Israel, serta festival budaya dan kuliner bersama awal tahun depan. (ir)