Israel dan Turki Adakan Pertemuan Rahasia

ImagePara pejabat Israel dan Turki tengah menggelar pertemuan rahasia yang membicarakan upaya penyelesaian krisis diplomatik antarkedua negara. Negosiasi itu, menurut sumber yang menolak mengungkapkan namanya, didukung Amerika Serikat. Kata seorang pejabat senior di Yerusalem.


Pertemuan itu diakui seorang sumber di Kementerian Luar Negeri dan seorang petugas Amerika Serikat. Namun, Perdana Menteri dan Ajudan Menteri Luar Negeri Israel menolak berkomentar. Pertemuan rahasia ini melibatkan pejabat Israel yang mengatasnamakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Wakil Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu, seorang pendukung kuat direhabilitasinya hubungan dengan Israel.


Pertemuan juga berlangsung antara perwakilan Israel di komite penyelidikan flotilla Gaza Perserikatan Bangsa-Bangsa, Yosef Ciechanover, dan perwakilan Turki di komite, Ozdem Sanberk. Dua orang yang bekerja sama selama beberapa bulan di komite PBB itu menyampaikan pesan antara Israel dan Turki dan bersusah payah merancang pemahaman untuk mengakhiri krisis. Ditambahkan, pejabat Amerika Serikat juga menggelar pembicaraan dengan pejabat senior Turki. (tempo)