Pertarungan Kelompok Sekuler dan Islamis di Maroko

Image"Bagaimana jika kita mengucapkan doa untuk Usamah bin Laden?" Pertanyaan itu diucapkan saat berlangsung pertemuan Gerakan 20 Februari. Pertanyaan itu seperti granat tangan yang meledak. Tapi orang-orang muda dan wanita berkumpul di Gedung Gerakan Buruh Uni Maroko di Rabat, sangat riuh, dan menjadi kontroversi.


Sebaliknya, mereka marah menentang si penanya, seorang pria berjenggot setengah baya yang mewakili tahanan Islam yang telah bergabung dengan gerakan pemuda sekuler menyerukan kebebasan yang lebih besar. "Apakah anda keluar dari pikiran yang radikal?" tanya seorang pemuda. "Hanya karena kita membela kalian terhadap penyiksaan, itu tidak berarti kita mendukung terorisme. Jangan anda memaksakan agenda anda menakutkan kami."


Para pria berjanggut mundur. "Tidak masalah, mari kita melakukan salat," katanya. "Kita semua Muslim, bukan?"


Pertemuan telah diselenggarakan untuk membahas rencana protes di luar pusat penahanan terkenal Temara, yang terletak di hutan dekat Rabat, di mana tersangka terorisme telah disiksa, menurut Amnesty International. Para Islamis berpikir mereka bisa mengatur agenda pertemuan yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang mereka yakini. Kelompok Islamis di Maroko merupakan kekuatan anti monarkhi yang sudah selama puluhan tahun. Mereka merupakan kelompok antimonarchy satunya konsekuensi yang berani menghadapi konsekswensi apapun. Sekarang mereka menemukan yang berlangsug di Maroko.


Tetapi, sekarang muncul kekuatan baru dari kalangan muda yang memiliki "warna" ideologi yang lain, tidak seperti kaum Islamis yang lebih menampakkan corak islamnya. Kenyataan ini cukup menganggu bagi kaum Islamis yang sedang berjuang menghadapi monarkhi. Gerakan baru ini sekarang telah mengguncang monarkhi, di mana selama puluhan tahun berusaha menjatuhkan monarkhi, tetapi selalu gagal dengan penindasan yang luas.


Anak-anak muda itu mencetak sukses besar pertama mereka pada 20 Februari, ketika puluhan ribu demonstran menghantam Maroko,dan jalan-jalan lebih dari 50 kota dan kota-kota, dibanjiri para demonstran yang menuntut perubahan. Protes telah diselenggarakan oleh aktivis muda yang independen, dan mereka memenuhi seruan melalui Facebook.


Sejak saat itu - begitu mulia gerakan pemuda - di mana ratusan ribu pemuda telah menunjukkan diri mereka turun ke jalan yang menuntut perubahan politik di Maroko, sekali seminggu.


Ini tekanan yang memaksa Raja Mohammed VI berjanji melakukan reformasi konstitusional, untuk menyerahkan beberapa kekuasaannya yang bersifat mutlak kepada pemerintah terpilih. Tapi banyak pemuda Maroko ingin raja untuk "tidak memerintah."


Para Islami yang memiliki akar rumput hanya organisasi, tidak punya pilihan selain untuk berbaris di belakang bendera gerakan Februari 20. Tetapi gerakan pemuda sekuler, nampaknya mereka memerlukan kaum muda Islam, dan mereka mentolerir ada simbol-simbol Islam atau spanduk, membiarkan ada teriakan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar), dan tidak ada pemisahan jenis kelamin. Ini adalah sebuah revolusi dalam revolusi.


Belum lama lalu, Islamis mengutuk sebagai murtad beberapa pemimpin muda yang sama, di mana kalangan muda sekluer di tahun 2009, mereka meluncurkan sebuah Facebook menyerukan makan siang hari masyarakat selama bulan suci Ramadhan, ketika umat Islam berpuasa.


Selama beberapa tahun, kelompok sekuler Maroko telah menggunakan kekuatan media sosial - serta kemampuan untuk menarik media konvensional - untuk menuntut kebebasan berkeyakinan, kebebasan seksual (khususnya untuk gay) dan kebebasan individu lain yang sampai saat itu pernah terpikirkan.


Mayoritas kaum Islam di negara itu menghadapi konstituen kalangan muda sekuler yang menuntut penegakkan hak asasi manusia , terutama kelompok kiri dan pemuda kelas menengah. Meski begitu, kelompok inti pemberontak terus dianggap sebagai sedikit lebih dari sekelompok anak-anak gila - sampai mereka dan simpatisan mereka memimpin gelombang perubahan yang paling kuat sejak kemerdekaan kerajaan, setengah abad lalu.


Siapa yang akan menang? Itu sulit untuk memprediksi. Tapi pemuda sekuler telah dilakukan dengan baik memposisikan diri sebagai pemimpin protes antipemerintah. Bahwa demonstrasi direncanakan pada Temara pusat penahanan secara brutal oleh polisi dipecah: 16 pengunjuk rasa dibawa ke rumah sakit, tapi yang lain berkumpul kembali di Rabat pusat kota untuk tetap memprotes. Tidak ada yang menyebut mereka anak-anak gila lagi. (eramuslim)