Israel Bergolak, Puluhan Ribu Demonstran Turun Kejalan

ImagePuluhan ribu orang tumpah ke jalan-jalan beberapa kota Israel untuk memprotes kenaikan harga perumahan dan kesenjangan sosial lainnya.


Lebih dari 30.000 orang mengadakan pawai di kota utara Haifa pada hari Sabtu, harian Israel Haaretz melaporkan di situsnya.


"Kami ingin ada suatu negara sejahtera di sini, dan negara sejahtera tidak hanya slogan," kata Yossi Barukh, perwakilan untuk kota di Haifa.


"Ini berarti pendidikan gratis untuk setiap laki-laki dan perempuan, dari saat ibu mereka selesai cuti bersalin sampai mereka menyelesaikan perawatan doktor mereka. Sebuah negara sejahtera adalah tempat di mana warganya menerima upah yang adil, "tambahnya.


Be'er Sheva di Israel selatan, lebih dari 20.000 demonstran turun ke jalan-jalan kota.


Sekitar 15.000 orang menghadiri demonstrasi di Afula, dan protes yang lebih kecil diadakan di Eilat, Rosh Pina, Nahariya, Dimona, Modi'in, Petah Tikva, Ramat Hasharon, Hod Hasharon, Netanya, Beit She'an dan kota-kota lain di seluruh Israel.


Selama sebulan terakhir, Israel telah dilanda demonstrasi massal terhadap penanganan lemah pemerintah terhadap ekonomi, yang telah menimbulkan kesenjangan sosial.


Lebih dari 300.000 demonstran anti-pemerintah menggelar demo di Tel Aviv pada 6 Agustus dalam apa yang digambarkan sebagai demonstrasi terbesar yang pernah digelar untuk memprotes situasi sosial ekonomi di Israel.


Para pengunjuk rasa menuntut suatu sistem perpajakan baru; pajak tidak langsung yang lebih rendah dan pajak langsung lebih tinggi, pendidikan gratis dan perawatan anak, dan investasi di bidang perumahan dan transportasi umum.


Selain itu, mereka telah menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.


Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh Saluran 10 televisi Israel pada Selasa malam menunjukkan bahwa 88 persen responden besar dari mendukung gerakan protes.[IT/r]