Fakta-Fakta Menarik Seputar Brazil

Terunik. Mungkin dari kita mengenal Brazil hanya sekedar negara sepakbola tersukses di dunia. Namun Brazil bukan hanya tentang sepakbola. Banyak sekali hal hal unik dan menarik yang patut digali untuk menambah wawasan seputar negara Amerika latin ini. Sebagai salah satu negara terbesar di benua Amerika, Brazil memiliki banyak keunikan, mulai dari budaya, sejarah , pariwisata maupun sumber daya alamnya.

Patung Kristus Sang Penebus


Brasil diberikan kepada Portugal sebagai bagian dari Perjanjian Tordesillas pada tahun 1494 dan orang pertama yang secara resmi mengklaim Brasil untuk Portugal adalah Pedro Alvares Cabral. Sedangkan Bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis; Namun, ada lebih dari 180 bahasa asli yang digunakan di negara tersebut. Penting untuk dicatat bahwa Brasil adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang bahasa dan budayanya yang dominan berasal dari Portugal. Inilah Fakta Menarik selengkapnya seputar Brazil.

Fakta-Fakta Menarik Seputar Brazil

  1. Nama Brasil berasal dari kata Amerindian “Brasil”, yang merupakan jenis tanaman rosewood hitam yang umum dijumpai di negeri ini. Pada suatu waktu, kayu rosewood adalah ekspor utama Brasil dan sejak saat itu negara ini diberi nama Brasil. Namun sejak tahun 1968, ekspor rosewood Brasil telah dilarang.
  2. Brasil adalah negara yang memiliki keragaman etnis tinggi, yakni 54% etnis Eropa, 39% etnis campuran Eropa-Afrika, 6% etnis Afrika, 1% etnis lainnya.
  3. Acai berry, salah satu makanan yang digilai di dunia, tumbuh di Brazil.
  4. Keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia ada di Brazil. Negara ini memiliki lebih dari 3.000 spesies ikan, 1.000 jenis burung, juga berbagai jenis mamalia dan reptil.
  5. Salah satu gunung yang paling terkenal di dunia adalah Corcovado yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Gunung ini dikenal di seluruh dunia karena adanya patung raksasa setinggi 30 m yang menjadi lambang kota, Kristus Sang Penebus (Christ the Redeemer), yang diresmikan pada tahun 1931
  6. Brazil memiliki tingkat kemacetan terpanjang di dunia.
  7. Ada sekitar 2.500 bandara yang dibangun di Brasil. 
  8. Brazil adalah negara terpanjang di dunia. Melalui jalur darat, jarak dari utara ke selatan sekitar 2.800 kilometer.
  9. Jumlah milyarder di Brazil adalah yang terbanyak kesembilan di dunia.
  10. Brasil memiliki 13 kota yang memiliki penduduk lebih dari satu juta orang.
  11. Penganut Kristen terbanyak di dunia ada di Brazil.
  12. Brazil memiliki hutan hujan terbanyak di dunia.
  13. Brazil adalah penghasil kopi terbaik dunia.
  14. Brasil mencakup 3 zona waktu.
  15. Brasil adalah negara terbesar ke-5 di dunia, baik menurut luas lahan atapun jumlah penduduknya.
  16. Di benua Amerika Selatan, jumlah korban AIDS di Brazil adalah yang tertinggi.
  17. Tingkat melek huruf Brasil adalah 86,4% yang merupakan tingkat terendah dari semua negara Amerika Selatan. Tingkat melek huruf Brasil ada di belakang Bolivia (87,2%) dan Peru (87,7%).
  18. Sungai Amazon di Brazil adalah sungai terbesar kedua di dunia.
  19. Capoeira, Vale tudo dan Jiu-Jitsu adalah olah raga yang terkenal di Brazil
  20. Setiap kota di Brazil setidaknya memiliki satu stadion sepak bola.
Itulah sedikit gambaran tentang fakta menarik seputar Brazil