Alasan Kenapa Warna Bendera Indonesia Merah Putih

Terunik. Apakah anda pernah memikirkan kenapa bendera negara kita warnanya merah putih, bukan merah kuning, coklat merah, ataupun warna-warni lain? Di balik pemilihan desain dan warna bendera negara Indonesia, pasti selalu ada alasan mengapa . Di artikel kali ini, terunik akan mencoba membahas mengapa bendera Indonesia warnanya merah putih berdasarkan fakta sejarah dan fakta unik lainnya.
bendera warna warni

bendera merah putih

Alasan Kenapa Warna Bendera Indonesia Merah Putih

Merah Putih sudah ada sejak Majapahit


Ternyata , pendeknya asal muasal warna merah putih bisa dikatakan datang dari jaman kerajaan majapahit sejak abad ke-13 . Warna panji yang unik mereka gunakan ternyata kala itu memiliki warna yang sangat mirip, dengan bendera indonesia . Ini Ilustrasinya.

pasukan majapahit

Digunakan Pangeran Diponegoro


Pangeran Diponegoro

Pada abad ke-19, bendera merah putih digunakan secara luas oleh Pangeran Diponegoro, sebagai bendera pemberontakan melawan penjajah. Pada perang jawa (1825-1830). Semenjak ini, merah putih mulai disimbolkan  sebagai "simbol perlawanan" terhadap para penjajah.

Ditiru Oleh Para Nasionalis Dan Pemuda


Kemudian pada abad 20 , abad dimana negara kita ini merdeka , Bendera merah putih digunakan oleh para pejuang kita dari tua sampe muda sebagai simbol kemerdekaan kita .  Artinya bendera merah putih ini merupakan bendera yang menyatukan semangat kemerdekaan kita  Sampai akhirnya, kita berhasil membacakan proklamasi kemerdekaan dengan menarik bendera merah putih kebanggan kita diatas bumi Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Dari Bendera Belanda


Dari Bendera Belanda


Ada Satu Teori Mengejutkan yang menyatakan bahwa sebenarnya asal usul bendera merah putih berasal dari warna bendera belanda. Warna bendera belanda merah putih biru, dan ketika birunya dihilangkan, maka akan menjadi Merah putih yang disimbolkan oleh para pejuang kita bahwa artinya kita sudah lepas dari "darah biru" Belanda selama 350 tahun  dan ingin merdeka. Cukup masuk akal sih.

BONUS

ngakak