PM Qatar : Kami menolak setiap aksi militer terhadap Iran

Perdana Menteri Qatar Sheikh Hamad bin Jassem Al Thani menekankan bahwa Qatar tidak akan mengizinkan negara manapun untuk menggunakan wilayahnya guna melancarkan serangan ke Iran.

"Ini sangat jelas dan kami tidak akan menerima setiap tindakan agresi terhadap Iran yang diluncurkan dari wilayah Qatar," kata Sheikh Hamad, di mana Qatar menjadi basis bagi Komando Sentral AS (CENTCOM) yang bertanggung jawab untuk operasi militer AS di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tengah.

"Rakyat Iran dan AS tahu bahwa Qatar menolak setiap aksi militer terhadap Iran," tegasnya seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (29/3).

CENTCOM telah memimpin perang AS di Irak dan Afghanistan dan memiliki pangkalan militer di negara-negara Teluk Persia, termasuk Qatar, Kuwait, Bahrain, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab serta di Pakistan, Yordania dan Asia Tengah.

AS dan Uni Eropa menggunakan program energi nuklir Iran sebagai alasan untuk menjatuhkan sanksi terhadap Tehran, sementara Israel secara terbuka mengancam serangan militer ke Iran.