19 September, Emoticon Resmi Berumur 30 Tahun

19 September, Emoticon Resmi Berumur 30 Tahun

Kemarin, pada 19 September, emoticon resmi merayakan ulang tahunnya yang ke 30 tahun. Emoticon yang merupakan standar komunikasi online banyak digunakan sebagai sarana untuk memperlihatkan emosi dalam dunia internet. Dan saat ini, sudah terdapat berbagai jenis emoticon yang biasa digunakan, terutama dalam chatting ataupun pemakaian lainnya.

Orang yang pertama kali mendokumentasikan pemakaian emoticon dengan kode ASCII murni adalah seorang bernama Scott Fahlman yang berasal dari Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, Pennsylvania pada 19 September 1982. Emoticon yang pertama kali digunakan oleh Fahlman adalah emoticon untuk memperlihatkan kebahagiaan dan kesedihan.

Seiring dengan perkembangan waktu, standar emoticon pun bertambah, dari emoticon untuk mengekspresikan kebahagiaan, kesedihan, menangis, marah dan lain-lain.

Saat ini, pemakaian emoticon murni kode ASCII cukup jarang dipakai. Terlebih saat ini telah terdapat emoticon grafis atau yang biasa disebut emoji yang memiliki tampilan lebih menarik.

Sumber