Potret Keindahan Indonesia di Balik Rupiah

Terunik. Mari kita rehat sejenak melupakan turunnya nilai rupiah terhadap mata uang asing yang sudah menembus angka 14.200 lebih per dollarnya. Dibalik lembaran uang kita, terdapat keindahan yang mungkin jarang kita perhatikan. Dalam uang rupiah biasanya terdapat gambar yang menunjukkan potret kekayaan alam, kebudayaan dan pariwisata di negara Indonesia tercinta ini.

Pulau Tidore dan Pulau Maitara

Uang pecahan Rp 1.000 memang merupakan salah satu uang dengan pecahan terkecil dalam mata uang rupiah. Namun dalam “uang kecil” ini, Anda dapat menemukan salah satu pemandangan unik  tercantik dalam sejarah gambar rupiah, yakni Pulau Tidore dan Pulau Maitara yang terletak di timur Indonesia.

Pulau Tidore dan Pulau Maitara


Untuk mencapai kedua pulau tersebut, Anda dapat memulai perjalanan dari kota Ternate. Letaknya yang cukup terpencil membuat pantai-pantai di Pulau Maitara sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari ketenangan sejenak. Di sini Anda akan menikmatihamparan pasir putih yang masih terbebas dari sampah. Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke tepi pantai Akesahu, di Pulau Tidore, untuk bersantai di pemandian air panas alami.

Pura Ulun Danu Bratan, Bali

Pura Ulun Danu Bratan, Bali


Pura yang gambarnya terpampang dalam pecahan uang Rp 50.000 ini memang sudah tidak asing lagi, khususnya di kalangan turis domestik. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bali selain karena keindahannya juga letaknya yang relatif mudah untuk wisatawan jangkau. Berada di Kabupaten Tabanan, di bagian tengah Pulau Bali, Pura ini bersanding dengan kecantikan dan kesejukan Danau Bratan. Tidak mengherankan banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pura terbesar kedua di Bali ini.

Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan, Yogyakarta


Candi Hindu yang terletak 17 km dari pusat kota Yogyakarta selalu termasuk di dalam “daftar wajib kunjung” para pelancong yang berkunjung ke kota ini. Konon katanya, di balik keindahan reliefnya tersimpan sebuah legenda kisah cinta masyarakat Jawa. Keindahan Candi Prambanan yang dengan megah berdiri setinggi 47 m ini pun pernah dimuat dalam pecahan uang Rp 10.000 pada tahun 1979.

Rumah Limas, Museum Balaputera Dewa, Palembang

Rumah Limas


Di antara tempat-tempat yang terdapat dalam uang pecahan rupiah, Rumah Limas mungkin menjadi tempat yang paling jarang orang ketahui keberadaannya. Rumah tradisional Sumatera Selatan ini memang semakin lama semakin sulit ditemui keberadaannya karena memakan biaya yang cukup tinggi. Namun, rumah limas asli yang terpampang dalam uang pecahan Rp 10.000 ini masih bisa Anda temukan di Museum Balaputera Dewa, Palembang. Selain bentuk limasnya yang unik, Anda juga bias mempelajari setiap ukiran khas yang melambangkan simbol kerukunan dan keagungan dari rumah adat Sumatera Selatan ini.

Danau Kelimutu, Ende

Kecantikan Danau Kelimutu pernah diabadikan dalam uang rupiah pecahan Rp 5.000 pada tahun 1992. Danau ini terkenal karena menampilkan tiga warna. Jadwal perubahan warnanya tidak menentu, mulai dari hitungan jam hingga bulan,sehingga kecantikannya pun bertambah unik. Turis juga sering menjadikan danau ini sebagai tempat berburu sunrise yang dinilai sebagai salah satu pemandangan terbaik di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu, Ende

Anda bisa mencapai Danau Kelimutu dengan mencari penerbangan ke Ende. Lalu Anda akan melanjutkan perjalanan sejauh 66 km dari pusat kota dengan menggunakan angkutan umum atau mobil sewaan.