Ikhlas Dalam Niat, Hukum dan Keutamaannya (Bagian ke-2) -
2. Keutamaan Niat yang Ikhlas
a. Ikhlas dalam niat sebanding dengan pahala hijrah
Maksudnya hijrah dari mekah, karena Mekah telah menjadi negeri Islam.
Pelajaran dari Hadits:
Di dalam riwayat lain disebutkan, âMereka mendapatkan pahala sebagaimana kalian.ââ (Muslim)
Sedangkan Imam Bukhari meriwayatkannya dari jalur Anas RA, âSaat kami pulang dari Perang Tabuk bersama Nabi SAW, beliau bersabda, âAda beberapa kaum di Madinah, kita tidak melewati lereng gunung atau lembah kecuali mereka selalu bersama kita. Mereka tertahan oleh uzur (sakit atau usia yang sudah tua).ââ
Pelajaran dari Hadits:
Seorang muslim yang benar-benar bertekad ingin berjihad, namun tidak bisa pergi karena alasan syarâi, maka ia mendapatkan pahala jihad.
c. Ditetapkannya pahala karena niat bukan karena amal semata
Pelajaran dari Hadits:
Rasulullah menjawab, âJangan.â
âSeperdua?â
âJangan.â
âSepertiga?â
âBoleh sepertiga. Sepertiga itu sudah banyak. Lebih baik kamu tinggalkan ahli waris dalam keadaan kaya daripada kamu tinggalkan mereka dalam keadaan fakir, dan meminta-minta kepada orang lain. Jika kamu menginfakkan hartamu untuk mencari ridha Allah, kamu akan mendapatkan pahalanya, meskipun itu berupa makanan yang kamu berikan kepada istrimu.â
âYa Rasulullah, apakah aku di tinggalkan setelah teman-temanku.â[5]
Rasulullah menjawab, âJika kamu ditinggalkan di Mekah, lalu kamu mengerjakan perbuatan (baik) untuk mencari ridha Allah, derajat dan kemuliaanmu akan ditambah. Semoga engkau tertinggal (di Mekah), sehingga beberapa kaum bisa mengambil manfaat darimu dan beberapa kaum yang lain dirugikan oleh keberadaanmu. Ya Allah, lanjutkan hijrah sahabat-sahabatku dan jangan Engkau kembalikan mereka ke tempat yang mereka tinggalkan. Akan tetapi, orang yang menderita adalah Saâd bin Khaulah.ââ
Perawi berkata, âRasulullah SAW memberikan ungkapan belasungkawa kepadanya, karena ia meninggal dunia di Mekah.â (Muttafaq âalaih)
Pelajaran dari Hadits:
2. Keutamaan Niat yang Ikhlas
a. Ikhlas dalam niat sebanding dengan pahala hijrah
ÙÙØ¹ÙÙÙ' Ø¹ÙØ§Ø¦ÙØ´ÙØ©Ù Ø±ÙØ¶ÙÙ٠اÙÙÙ٠عÙÙÙ'ÙÙØ§ ÙÙØ§ÙÙØªÙ' ÙÙØ§Ù٠اÙÙÙÙ'بÙÙÙÙ' اÙÙÙÙ'Ù٠صÙÙÙÙ'٠اÙÙÙÙ'Ù٠عÙÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ³ÙÙÙÙ'Ù
Ù ÙÙØ§ ÙÙØ¬Ù'Ø±ÙØ©Ù Ø¨ÙØ¹Ù'د٠اÙÙ'ÙÙØªÙ'ØÙ ÙÙÙÙÙÙÙÙ' جÙÙÙØ§Ø¯Ù ÙÙÙÙÙÙÙ'ة٠ÙÙØ¥ÙØ°ÙØ§ اسÙ'تÙÙÙ'ÙÙØ±Ù'تÙÙ
Ù' ÙÙØ§ÙÙ'ÙÙØ±ÙÙØ§ Ù
تÙ٠عÙÙÙ ÙÙ
Ø¹ÙØ§Ù ÙØ§ ÙØ¬Ø±Ø© Ù
Ù Ù
ÙØ© ÙØ£ÙÙØ§ صارت دار Ø¥Ø³ÙØ§Ù
dakwatuna.com - Aisyah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, âTiada hijrah (ke Madinah) setelah penaklukan kota Mekah.[1] Akan tetapi, (yang ada hanya) jihad dan niat.[2] Jika kamu diajak pergi berjihad, pergilah.â (Muttafaq âalaih)Maksudnya hijrah dari mekah, karena Mekah telah menjadi negeri Islam.
Pelajaran dari Hadits:
- Jika suatu negara menjadi negara Islam, tidak ada keharusan berhijrah dari negara tersebut.
- Hijrah tetap wajib bagi seorang muslim yang tinggal di negara kafir yang tidak memberikan kesempatan baginya untuk melaksanakan ajaran Islam.
- Seorang muslim harus senantiasa mempunyai niat untuk berjihad, mempersiapkan jihad, dan memenuhi panggilan jihad ketika genderang jihad telah ditabuh.
ÙÙØ¹ÙÙÙ' Ø£ÙØ¨ÙÙ Ø¹ÙØ¨Ù'د٠اÙÙÙÙ Ø¬ÙØ§Ø¨Ùر٠ÙÙØ§ÙÙ ÙÙÙÙÙ'ا Ù
ÙØ¹Ù اÙÙÙÙ'بÙÙÙÙ' صÙÙÙÙ'٠اÙÙÙÙ'Ù٠عÙÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ³ÙÙÙÙ'Ù
Ù ÙÙÙ ØºÙØ²Ùاة٠ÙÙÙÙØ§Ù٠إÙÙÙÙ' Ø¨ÙØ§ÙÙ'Ù
ÙØ¯ÙÙÙÙØ©Ù ÙÙØ±ÙØ¬ÙØ§ÙÙØ§ Ù
ÙØ§ Ø³ÙØ±Ù'تÙÙ
Ù' Ù
ÙØ³ÙÙØ±Ùا ÙÙÙÙØ§ ÙÙØ·ÙعÙ'تÙÙ
Ù' ÙÙØ§Ø¯ÙÙÙØ§ Ø¥ÙÙÙÙ'ا ÙÙØ§ÙÙÙØ§ Ù
ÙØ¹ÙÙÙÙ
Ù' ØÙØ¨ÙØ³ÙÙÙÙ
Ù' اÙÙ'Ù
ÙØ±Ùض٠ÙÙ ÙÙ٠رÙÙÙØ§ÙÙØ©Ù Ø¥ÙÙÙÙ'ا Ø´ÙØ±ÙÙÙÙÙÙÙ
Ù' ÙÙ٠اÙÙ'Ø£ÙØ¬Ù'رÙ
Abu Abdillah, Jabir bin Abdillah Al-Anshari RA berkata, âKami bersama Nabi SAW dalam suatu peperangan (Perang Tabuk), lalu beliau bersabda, âDi Madinah ada sejumlah laki-laki, kalian tidak menempuh perjalanan atau melewati lembah, kecuali mereka bersama kalian. Mereka tertahan (di rumah) karena sakit.âDi dalam riwayat lain disebutkan, âMereka mendapatkan pahala sebagaimana kalian.ââ (Muslim)
Sedangkan Imam Bukhari meriwayatkannya dari jalur Anas RA, âSaat kami pulang dari Perang Tabuk bersama Nabi SAW, beliau bersabda, âAda beberapa kaum di Madinah, kita tidak melewati lereng gunung atau lembah kecuali mereka selalu bersama kita. Mereka tertahan oleh uzur (sakit atau usia yang sudah tua).ââ
Pelajaran dari Hadits:
Seorang muslim yang benar-benar bertekad ingin berjihad, namun tidak bisa pergi karena alasan syarâi, maka ia mendapatkan pahala jihad.
c. Ditetapkannya pahala karena niat bukan karena amal semata
ÙÙØ¹ÙÙÙ' أبÙÙ ÙÙØ²ÙÙÙ'د٠Ù
ÙØ¹Ù'Ù٠بÙ'ÙÙ ÙÙØ²ÙÙÙ'د٠بÙ'ÙÙ Ø§ÙØ£ÙØ®Ù'ÙÙØ³ Ø±ÙØ¶ÙÙ٠اÙÙÙ٠عÙÙÙ'ÙÙÙ
Ù' ÙÙÙÙÙÙ ÙÙØ£Ø¨ÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ¬ÙدÙÙ'ÙÙ ØµÙØÙØ§Ø¨ÙÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ§ÙÙ ÙÙØ§ÙÙ Ø£ÙØ¨ÙÙ ÙÙØ²ÙÙØ¯Ù Ø£ÙØ®Ù'Ø±ÙØ¬Ù دÙÙÙØ§ÙÙÙØ±Ù ÙÙØªÙØµÙØ¯ÙÙ'Ù٠بÙÙÙØ§ ÙÙÙÙØ¶ÙعÙÙÙØ§ عÙÙÙ'Ø¯Ù Ø±ÙØ¬ÙÙÙ ÙÙ٠اÙÙ'Ù
ÙØ³Ù'Ø¬ÙØ¯Ù ÙÙØ¬ÙئÙ'ت٠ÙÙØ£ÙØ®ÙØ°Ù'تÙÙÙØ§ ÙÙØ£ÙتÙÙÙ'تÙÙ٠بÙÙÙØ§ ÙÙÙÙØ§ÙÙ ÙÙØ§ÙÙÙÙ'ÙÙ Ù
ÙØ§ Ø¥ÙÙÙÙ'اÙÙ Ø£ÙØ±ÙدÙ'ت٠ÙÙØ®ÙاصÙÙ
Ù'تÙÙ٠إÙÙÙÙ Ø±ÙØ³ÙÙÙ٠اÙÙÙÙ'Ù٠صÙÙÙÙ'٠اÙÙÙÙ'Ù٠عÙÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ³ÙÙÙÙ'Ù
Ù ÙÙÙÙØ§ÙÙ ÙÙÙÙ Ù
ÙØ§ ÙÙÙÙÙÙ'ت٠ÙÙØ§ ÙÙØ²ÙÙØ¯Ù ÙÙÙÙÙÙ Ù
ÙØ§ Ø£ÙØ®ÙذÙ'ت٠ÙÙØ§ Ù
ÙØ¹Ù'ÙÙ Ø±ÙØ§Ù Ø§ÙØ¨Ø®Ø§Ø±Ù
Abu Yazid, Maân bin Yazid bin Al-Akhnas RA[3] berkata, âAyahku mengeluarkan beberapa dinar untuk disedekahkan. Ia meletakkannya di dekat seorang laki-laki yang berada di masjid. Aku ambil dinar itu, lalu aku bawa pulang dan kutunjukkan kepada ayah. Ayah berkata, âDemi Allah, aku tidak bermaksud menyedekahkannya kepadamu.â[4] Aku (Maân) melaporkan hal itu kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda, âKamu mendapatkan pahala sesuai yang kamu niatkan, wahai Yazid. Sedangkan kamu, wahai Maân, kamu mendapatkan yang kamu ambil.ââ (Bukhari)Pelajaran dari Hadits:
- Sedekah boleh diberikan kepada anak atau orang tua, sedangkan zakat, tidak boleh.
- Pemberian sedekah atau zakat boleh diwakilkan.
- Setiap amalan yang diniatkan untuk beribadah baginya pahala
ÙØ¹Ù Ø£Ø¨Ù Ø¥Ø³ØØ§Ù سعد ب٠أب٠ÙÙØ§Øµ Ù
اÙ٠ب٠أÙÙØ¨ ب٠عبد Ù
ÙØ§Ù Ø¨Ù Ø²ÙØ±Ø© ب٠ÙÙØ§Ø¨ ب٠Ù
رة Ø¨Ù ÙØ¹Ø¨ Ø¨Ù ÙØ¤Ù اÙÙØ±Ø´Ù Ø§ÙØ²Ùر٠رض٠اÙÙ٠عÙÙ Ø£ØØ¯ Ø§ÙØ¹Ø´Ø±Ø© اÙÙ
Ø´ÙÙØ¯ ÙÙÙ
Ø¨Ø§ÙØ¬ÙØ© رض٠اÙÙ٠عÙÙÙ
ÙØ§Ù جاءÙ٠رسÙ٠اÙÙ٠صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙØ³ÙÙ
ÙÙØ¹ÙÙØ¯ÙÙÙÙ Ø¹ÙØ§Ù
Ù ØÙجÙÙ'ة٠اÙÙ'ÙÙØ¯Ùاع٠Ù
ÙÙÙ' ÙÙØ¬Ùع٠اشÙ'ØªÙØ¯ÙÙ' بÙÙ ÙÙÙÙÙÙ'ت٠إÙÙÙÙ'Ù ÙÙØ¯Ù' بÙÙÙØºÙ بÙÙ Ù
ÙÙÙ' اÙÙ'ÙÙØ¬Ùع٠Ù
ÙØ§ ØªÙØ±ÙÙ ÙÙØ£ÙÙÙØ§ ذÙÙ Ù
ÙØ§ÙÙ ÙÙÙÙØ§ ÙÙØ±ÙØ«ÙÙÙ٠إÙÙÙÙ'ا ابÙ'ÙÙØ©Ù Ù٠أÙÙÙØ£ÙØªÙØµÙدÙÙ'ÙÙ Ø¨ÙØ«ÙÙÙØ«ÙÙÙ' Ù
ÙØ§ÙÙÙ ÙÙØ§ÙÙ ÙÙØ§ ÙÙÙÙÙÙ'ØªÙ Ø¨ÙØ§ÙØ´ÙÙ'Ø·Ù'ر٠ÙÙÙÙØ§ÙÙ ÙÙØ§ Ø«ÙÙ
ÙÙ' ÙÙØ§ÙÙ Ø§ÙØ«ÙÙ'ÙÙØ«Ù ÙÙØ§ÙØ«ÙÙ'ÙÙØ«Ù ÙÙØ«ÙÙØ±Ù Ø£ÙÙÙ' ÙÙØ¨ÙÙØ±Ù Ø¥ÙÙÙÙ'Ù٠إÙÙÙ' ØªÙØ°Ùر٠ÙÙØ±ÙØ«ÙØªÙÙÙ Ø£ÙØºÙ'ÙÙÙÙØ§Ø¡Ù Ø®ÙÙÙ'ر٠Ù
ÙÙÙ' Ø£ÙÙÙ' ØªÙØ°ÙرÙÙÙÙ
Ù' Ø¹ÙØ§ÙÙØ©Ù ÙÙØªÙÙÙÙÙÙ'ÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙ'اس٠ÙÙØ¥ÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙÙÙ' تÙÙÙ'ÙÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙØ©Ù ØªÙØ¨Ù'ØªÙØºÙ٠بÙÙÙØ§ ÙÙØ¬Ù'Ù٠اÙÙÙÙ'Ù٠إÙÙÙÙ'ا Ø£ÙØ¬ÙرÙ'ت٠بÙÙÙØ§ ØÙتÙÙ'Ù Ù
ÙØ§ ØªÙØ¬Ù'عÙÙÙ ÙÙÙ ÙÙ٠اÙ
Ù'Ø±ÙØ£ÙتÙÙÙ ÙÙÙÙÙÙ'ت٠ÙÙØ§ Ø±ÙØ³ÙÙÙ٠اÙÙÙÙ'ÙÙ Ø£ÙØ®ÙÙÙÙ'ÙÙ Ø¨ÙØ¹Ù'Ø¯Ù Ø£ÙØµÙ'ØÙابÙÙ ÙÙØ§Ù٠إÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙÙÙ' ØªÙØ®ÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØªÙعÙ'Ù
ÙÙ٠عÙÙ
ÙÙÙØ§ ØµÙØ§ÙÙØÙØ§ Ø¥ÙÙÙÙ'ا ازÙ'Ø¯ÙØ¯Ù'ت٠بÙÙÙ Ø¯ÙØ±ÙØ¬ÙØ©Ù ÙÙØ±ÙÙÙ'Ø¹ÙØ©Ù Ø«ÙÙ
ÙÙ' ÙÙØ¹ÙÙÙÙ'Ù٠أÙÙÙ' ØªÙØ®ÙÙÙÙ'ÙÙ ØÙتÙÙ'Ù ÙÙÙÙ'تÙÙÙØ¹Ù بÙÙ٠أÙÙÙ'ÙÙØ§Ù
Ù ÙÙÙÙØ¶ÙرÙÙ' بÙÙÙ Ø¢Ø®ÙØ±ÙÙÙ٠اÙÙÙÙ'ÙÙÙ
ÙÙ' Ø£ÙÙ
Ù'ض٠ÙÙØ£ÙصÙ'ØÙابÙÙ ÙÙØ¬Ù'Ø±ÙØªÙÙÙÙ
Ù' ÙÙÙÙØ§ ØªÙØ±ÙدÙÙ'ÙÙÙ
Ù' عÙÙÙÙ Ø£ÙØ¹Ù'ÙÙØ§Ø¨ÙÙÙÙ
Ù' ÙÙÙÙÙÙ' اÙÙ'Ø¨ÙØ§Ø¦ÙØ³Ù Ø³ÙØ¹Ù'د٠بÙ'ÙÙ Ø®ÙÙÙ'ÙÙØ©Ù ÙÙØ±Ù'Ø«ÙÙ ÙÙÙÙ Ø±ÙØ³ÙÙÙ٠اÙÙÙÙ'Ù٠صÙÙÙÙ'٠اÙÙÙÙ'Ù٠عÙÙÙÙÙ'ÙÙ ÙÙØ³ÙÙÙÙ'Ù
٠أÙÙÙ' Ù
ÙØ§ØªÙ بÙÙ
ÙÙÙÙ'ة٠Ù
تÙ٠عÙÙÙ
Abu Ishaq, Saâd bin Abi Waqqash Malik bin Uhaib bin Abdi Manaf RA (satu dari sepuluh orang yang dijamin masuk surga) berkata, âPada tahun Haji Wadaâ, Rasulullah mengunjungiku yang sedang sakit parah. Aku berkata, âYa Rasulullah, sakitku sangat parah. Aku adalah orang yang kaya, sedangkan ahli warisku hanya seorang anak perempuanku. Apakah aku boleh menyedekahkan dua per tiga hartaku?âRasulullah menjawab, âJangan.â
âSeperdua?â
âJangan.â
âSepertiga?â
âBoleh sepertiga. Sepertiga itu sudah banyak. Lebih baik kamu tinggalkan ahli waris dalam keadaan kaya daripada kamu tinggalkan mereka dalam keadaan fakir, dan meminta-minta kepada orang lain. Jika kamu menginfakkan hartamu untuk mencari ridha Allah, kamu akan mendapatkan pahalanya, meskipun itu berupa makanan yang kamu berikan kepada istrimu.â
âYa Rasulullah, apakah aku di tinggalkan setelah teman-temanku.â[5]
Rasulullah menjawab, âJika kamu ditinggalkan di Mekah, lalu kamu mengerjakan perbuatan (baik) untuk mencari ridha Allah, derajat dan kemuliaanmu akan ditambah. Semoga engkau tertinggal (di Mekah), sehingga beberapa kaum bisa mengambil manfaat darimu dan beberapa kaum yang lain dirugikan oleh keberadaanmu. Ya Allah, lanjutkan hijrah sahabat-sahabatku dan jangan Engkau kembalikan mereka ke tempat yang mereka tinggalkan. Akan tetapi, orang yang menderita adalah Saâd bin Khaulah.ââ
Perawi berkata, âRasulullah SAW memberikan ungkapan belasungkawa kepadanya, karena ia meninggal dunia di Mekah.â (Muttafaq âalaih)
Pelajaran dari Hadits:
- Boleh mengeluhkan sakit yang diderita jika ada alasan yang dibenarkan, seperti untuk pengobatan atau minta didoakan oleh orang yang shalih.
- Boleh mengumpulkan harta dari sumber yang halal selama kewajiban harta tersebut ditunaikan.
- Orang yang sakit menjelang mati tidak diperbolehkan menyedekahkan atau mewasiatkan hartanya lebih dari sepertiga, kecuali mendapat izin dari ahli waris.
- Amal seorang muslim akan mendapatkan pahala sesuai niatnya.
- Memberikan nafkah kepada keluarga akan mendapatkan pahala ketika diniatkan untuk mencari ridha Allah SWT.