Mari Kita Mengenal Malaikat dan Tugasnya

Mari Kita Mengenal Malaikat dan Tugasnya

Mari Kita Mengenal Malaikat dan Tugasnya - Berikut ini adalah nama malaikat yang ada di Al-Quran maupun di Hadist Nabi serta jabatan atau tugas mereka. Jumlah malaikat sebenarnya tidak terhitung jumlahnya. Malaikat diciptakan oleh Allah SWT dari bahan cahaya atau nur yang diciptakan Allah hanya untuk menyembahNya tanpa memiliki hawa nafsu seperti layaknya manusia dan setan yang terkutuk.

- Malaikat Jibril memiliki tugas / bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT.
Dia dibawa turun oleh Ar Ruh Al Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.” (Asy Syu’ara: 193-194)

- Malaikat Mikail bertugas memberikan dan menyampaikan rizki menurunkan hujan, dsb.
Sebagaimana hadits dari Abu Huroiroh dari Rosululloh, “Tatkala seorang laki-laki berada di tanah lapang dia mendengar suara di awan, ‘Siramilah kebun fulan’, maka menjauhlah awan tersebut kemudian menumpahkan air di suatu tanah yang berbatu hitam…” (HR. Muslim)

- Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala penanda hari kiamat telah tiba.
“…kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya.” (Al Kahfi: 99)
- Malaikat Izroil/ maut bertugas mencabut nyawa.
(Demikianlah Alloh menamakan malaikat ini dengan Malakul Maut, dan tidak ada nash yang shohih yang menunjukkan bahwa namanya Izroil). “Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikan kamu, kemudian hanya kepada Tuhanmu-lah kamu akan dikembalikan.’” (As Sajdah: 11)

- Malaikat Raqib bertugas memcatat segala perbuatan baik seseorang.
- Malaikat Atit bertugas mencatat segala perbuatan buruk seseorang.
“Apakah mereka mengira bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (malaikat-malaikat) Kami selalu mencatat di sisi mereka.” (Az Zukhruf: 80). (Lihat Kitab Tauhid 2, Tim Ahli Tauhid)

- Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyakan seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.

- Malaikat Ridwan memiliki tugas / bertugas menjaga pintu surga
“Sehingga apabila mereka sampai ke Surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah penjaga-penjaganya kepada mereka, ‘kesejahteraan atasmu, berbahagailah kamu, maka masukilah Surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya.’” (Az-Zumar: 73)

- Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka (pemimpin malaikat penjaga neraka) dan Malaikat zabaniyah : 19 malaikat penyiksa dalam neraka
Sebagaimana firman Alloh tentang Neraka Saqor “Tahukah kamu apa Saqor itu? Saqor itu tidak meninggalkan dan membiarkan. (Neraka Saqor) adalah pembakar kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). Dan tiada Kami jadikan penjaga Neraka itu melainkan malaikat.” (Al Muddatstsir: 27-30). Dan dalam firman-Nya yang lain tentang permintaan penghuni Neraka kepada malaikat Malik “Mereka berseru, ‘Hai Malik, biarlah Tuhanmu membunuh kami saja’. Dia menjawab, ‘kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).” (Az Zukhruf: 77)

- Malaikat penjaga manusia
Sebagaimana firman Alloh, “Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga…” (Al An’am: 61)

- Humalatur arsy : Empat malaikat pembawa Arsy Allah SWT