Cara membuat Hotspot Rumah Sedehana

Cara membuat Hotspot Rumah Sedehana

Cara membuat Hotspot Rumah Sedehana - Membuat hotspot ternyata mudah. tinggal beli wireless access point berikut router tancapkan ke sumber internet, setting sedikit, jadi deh. nah, gue akan menulis pengalaman gue membuat hotspot dirumah gue.
wireless access point yang gue pilih adalah d-link dir 300. kenapa? sebab model inilah yang keluar saat gue tanya sigma (toko komputer langganan di dusit mangga dua) dengan pertanyaan standar “type apa yang paling murah?”. harganya Rp. 450.000. selain berfungsi sebagai wireless router, dir 300 juga dilengkapi dengan 4 port untuk utp cable.
pada saat mengeluarkan dir 300 dari kotaknya, sebuah stiker kuning yang melekat pada unit tesebut akan menyita perhatian. stiker itu menyarankan untuk memasukkan cd bawaan ke komputer yang akan digunakan untuk melakukan setting dengan kondisi masih terhubung dengan internet (untuk os windows dan mac os). gue akan melakukan setting dengan os windows, pc yang digunakan adalah laptop zyrex, dan sumber internet yang digunakan adalah internet cable dari fastnet.
Setelah cd dimasukkan dalam cd rom, program auto start-nya akan mengeluarkan langkah-langkah yang harus kita ikuti berikut gambar animasi yang membuat lebih mudah dimengerti. gue diminta untuk mematikan modem, memindahkan kabel utp modem â€" pc ke modem â€" router, menyambungkan pc dengan router. setelah semua terhubung, barulah modem dinyalakan, beri waktu setidaknya 30 detik agar modem hidup dengan sempurna. hidupkan dir 300, beri waktu sekitar 30 detik. selesai, program dari d-link akan melakukan test apakah koneksi ke dir 300 dan koneksi ke internet berlanjar lancar. pada kasus ini, koneksi ke dir 300 berjalan lancar, namun koneksi internetnya bermasalah. saran perbaikan yang diberikan oleh d-link adalah mematikan modem selama kurang lebih 2 menit, kemudian coba lagi. sukses.
wizard untuk pengaturan begitu mudah. gue diminta untuk memberi nama jaringan wlan, beberapa kali next, selesai deh. untuk selanjutnya pengaturannya via web based, bisa dilakukan dengan mengetikkan alamat http://192.168.0.1 di browser.
pada saat pengetesan, gue bingung bagaimana menyalakan device wireless di laptop karena gue memang belum pernah make hotspot. untunglah kiki tau bagaimana cara menghidupkannya, ternyata sama dengan menyalakan bluetooth. sekarang semuanya menyala, laptop akan mendeteksi jaringan wireless, diterima, dan go wireless.

Sumber: http://www.windowscraze.com/