Tips Mengatasi Kecemasan di Kantor

Tips Mengatasi Kecemasan di Kantor

Tips Mengatasi Kecemasan di Kantor -

img

Terlalu gugup, cemas, khawatir dan ketakutan dengan pekerjaan membuat karir Anda sulit bekerkembang. Kekhawatiran dapat membuat Anda hilang kendali, yang berujung pada menurunnya produktivitas.

Seperti dikutip dari MindTools, cobalah beberapa tips berikut ini untuk mengatasi kekhawatiran yang berlebih akan pekerjaan.

Hilangkan Kecemasan dengan Menghindarinya
Sebagai contoh, jika rekan kerja berkumpul untuk membicarakan gosip tentang PHK, maka jangan bergabung ke sana. Jauhkanlah hal-hal yang bisa membuat Anda cemas berlebihan. Khawatir cenderung menyebabkan sulit berkonsentrasi karena Anda hanya memikirkan kecemasan yang kurang berarti.

Latihan Pernafasan
Fokus pada pernafasan membuat Anda menghilangkan rasa cemas. Tarik nafas selama lima detik, lalu hembuskan perlahan selama lima detik juga. Ulangi paling sedikit lima kali untuk mengalihkan Anda dari pikiran negatif.

Fokus untuk Tingkatkan Produktivitas
Jika Anda takut proyek Anda gagal atau takut dipecat, sebaiknya Anda harus bertukar pikiran dengan rekan kerja atau bos Anda. Mintalah saran bagaimana agar bisa lebih produktif di perusahaan. Ikuti tips berikut ini untuk membuat Anda lebih produktif.

Tuliskan Apa yang Membuat Anda Khawatir
Tuliskan kekhawatiran Anda dalam sebuah buku. Lalu berjanjilah pada diri sendiri untuk mengubah ketakutan dan kekhawatiran Anda. Coretlah, jika Anda sudah mampu mengatasi satu kecemasan Anda. Satu coretan di buku tersebut, akan memberi sebuah pencapaian, sehingga Anda terpacu untuk semakin lebih baik lagi. Tuliskan juga bagaimana Anda mengatasi kekhawatiran Anda sendiri.

Sumber: http://www.wolipop.com/