Kisah Enal , Anak Suku Laut Bajau (Sulawesi) Yang Suka Bermain Bersama Ikan Hiu



Seorang anak laki-laki KECIL yang telah menikmati seluruh hidupnya di laut berenang setiap hari - dengan HIU hewan peliharaannya.

Enal, dari Sulawesi, Indonesia, memegang ekor binatang yang cukup besar itu dan ditarik sepanjang saat mereka bermain di bawah air.

Pemandangan menakjubkan ini adalah kejadian sehari-hari bagi suku laut Bajau nomaden, yang telah hidup selama berabad-abad di laut.

luar biasa gaya hidup mereka didokumentasikan selama enam bulan oleh fotografer Inggris James Morgan.

Tetapi mantan mahasiswa Universitas Sussex yang berusia 24 thn ini mengatakan tekanan kebijakan lingkungan dan intervensi pemerintah bisa berarti akan menjadikan generasi terakhir dari suku laut.



Dia berkata: "Anak kecil di salah satu gambar saya adalah Enal, dan ia memang memiliki hewan peliharaan hiu.
"luar biasa melihat bagaimana ia bermain dengan hiu sama seperti seorang anak laki-laki atau perempuan di Inggris yang bermain dengan anjing keluarga.

"Sepertinya seorang Bajau memiliki hubungan luar biasa dengan lautan dan kehidupan yang tinggal di sana.

"Mereka tinggal di perahu yang dikenal sebagai Lepa Lepa, panjang sekitar lima meter lebar satu meter dan mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di laut.

"Alasan saya ingin foto dan hidup dengan orang-orang ini sebagian karena saya juga memiliki cinta akan laut dan juga karena saya ingin menyampaikan pesan mereka ke dunia yang lebih luas.

"Ini bisa menjadi generasi terakhir yang mampu hidup di laut karena banyak alasan".
"Hanya sedikit makanan bagi mereka karena over fishing, ada tekanan kebijakan lingkungan dan ada tekanan dari pemerintah untuk merelokasi mereka ke permukiman di darat."

James, yang berasal dari Bournemouth, Hants, didanai untuk proyek oleh Royal Society Fotografi di Inggris.

Dan meski masih muda antropolog ini telah mengerjakan proyek lain di Amazon dan Mongolia.

Dia menambahkan: "Tujuan utama saya dari pertemuan orang-orang dan berbagi kehidupan mereka dalam waktu yang singkat adalah untuk membawa penderitaan mereka menjadi perhatian seluruh dunia.

"Cara hidup suku Bajo mungkin akan segera punah selamanya dan sesuatu perlu dilakukan untuk membantu mereka."


source