Hujan di Titan 1000 Tahun Sekali

Hujan di Titan 1000 Tahun Sekali

Titan dalam mitologi Yunani adalah para penguasa bumisebelum para dewa Olimpus. Pemimpin mereka bernama Kronos yang nantinya akandigulingkan oleh Zeus. Ke-12 Titan adalah anak dari Uranus dewa langit dan Gaiadewi bumi.

Nah, yang kita bicarakan sekarang bukan Titan sebagai mitos,tetapi Titan asli. Yakni bulan terbesar di Planet Saturnus. 


Banyak pendapatmenyebut kalau Titan memiliki jutaan kubik air, sehingga jadi harapan menjadi “Bumike-2”. Penelitian pun dengan gencar menyelidiki Titan lebih intensif lagi.

Rupanya angan-angan menjadikan Titan tempat tinggal barubagi umat manusia harus “menelan kopi pahit”. Pihak NASA menyimpulkan, memangbenar Titan seperti bumi yaitu memiliki cairan di atmosfer yang bisamenimbulkan hujan ke atas permukaan planetnya.

Tapi di Titan bukan hujan air, melainkan hujan metana. Hujantersebut pun hanya datang sekali dalam 1000 tahun. Temuan ini disajikan olehDr. Ralph Lorenz saat konferensi Bulan dan Planet di the Lunar and PlanetaryScience Conference (LPSC), Texas.


“Titan sangat menarik, punya analogi yang sama tetapiberbeda dengan bumi. Angin dan hujan memahat permukaan, menghasilkan saluransungai, danau, bukit pasir dan garis pantai,” jelas Dr. Ralph.

Tapi di Titan, hidrokarbon cair mengambil tempat air. Denganhujan metana, maka suhunya mencapai 179 derajat Celcius. Perhitungan inididasarkan pada temuan badai hujan yang terjadi pada tahun 2004 dan 2010 diTitan â€" pada dua tempat yang berbeda.

"Anda membutuhkan waktu berabad-abad untuk menunggu datangnya hujan diTitan. Saat itu terjadi, hujan (metana) yang turun curahnya bisa puluhansentimeter bahkan meter tingginya,” urai Dr. Ralph lebih lanjut.


Artinya, kalau kamu termasuk pemerhati Alien atau inginmencari “bumi lain” di sistem tata surya maka harus bersabar dan terus mencari.Sementara, kita nikmati dan jagalah bumi. Karena hanya bumi saja yang dibuatTuhan untuk umat manusia. 

Sumber: