Cara Jitu Suriah Tangkal Konspirasi Asing

Rakyat Suriah secara kompak kembali menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Damaskus. Berbagai lapisan masyarakat Suriah Rabu (8/3) menggelar pawai akbar di Damaskus dan al-Hasakah untuk mengungkapkan dukungan terhadap reformasi di negaranya. Para demonstran juga menyuarakan penentangan keras terhadap intervensi asing di negara mereka.

Pengunjuk rasa juga menggelorakan dukungannya terhadap operasi penumpasan teroris yang dilakukan pasukan keamanan Suriah demi mengembalikan stabilitas di negara Arab itu.

Baru-baru ini, Televisi OTV Lebanon mengkonfirmasikan pengungkapan kasus baru penyelundupan senjata ke Suriah. Dilaporkan, militer Suriah juga berhasil menangkap lebih dari 137 perwira intelijen dan instruktur asing. Pasukan keamanan Suriah mampu menangkap sekitar 700 orang di Baba Amr, Homs. Televisi al-Manar, Lebanon mengutip sumber-sumber diplomatik Barat dan Eropa melaporkan lebih dari 137 mereka yang ditangkap militer Suriah adalah para perwira intelijen dan instruktur dari berbagai negara.

Setelah setahun aktivitas kelompok-kelompok bersenjata dan berbagai kasus penyelundupan senjata ke Suriah dari perbatasan Lebanon, Yordania, dan Turki, pada Senin (5/3) kembali terungkap kasus baru upaya penyelundupan senjata ke Suriah tapi lagi-lagi berhasil dipatahkan pemerintahan Suriah berkat persatuan rakyat dan pemerintah.

Presiden Bashar Assad dalam pidatonya Rabu (8/3) mengatakan, rakyat Suriah bertekad untuk menghancurkan kelompok teroris dan menindaklanjuti reformasi di negara itu. Assad mengatakan, "Rakyat Suriah, yang berhasil menghancurkan konspirasi asing di masa lalu, kembali membuktikan kapasitas mereka untuk membela bangsa dan membangun Suriah baru dengan tekad reformasi dan perang melawan terorisme yang didukung asing."

Berlanjutnya dukungan rakyat Suriah dari berbagai lapisan terhadap Assad menunjukkan bahwa penyelesaian konflik internal di negara itu hanya bisa dilakukan dengan rekonsiliasi di dalam negeri.

Terbukti, gelombang unjuk rasa rakyat mendukung pemerintah berhasil menangkal berbagai konspirasi asing. Bahkan kegagalan itu diakui sendiri oleh AS. Menteri Pertahanan AS Leon Panetta baru-baru ini mengungkapkan kemarahannya atas kegagalan konspirasi anti-Suriah yang dilancarkan AS dan negara-negara Barat.

Sejatinya, kekompakan antara rakyat dan pemerintah Suriah dalam menghadapi gelombang konspirasi asing merupakan cara jitu yang berhasil ditampilkan di Suriah.