Menlu Rusia Tentang Intervensi AS Pada Suriah

ImageWakil Menteri Luar Negeri Rusia dalam pertemuannya dengan asisten senior Menlu AS kembali menyatakan penentangannya terhadap segala bentuk intervensi asing dalam urusan dalam negeri Suriah.


Pertemuan Mikhail Bogdanov, Wakil Menlu Rusia dengan Wendy Sherman, asisten senior Menlu Amerika dalam kerangka konsultasi bersama antara kedua negara. Keduanya juga berdialog mengenai transformasi di Timur Tengah khususnya masalah Suriah. IRNA melaporkan dari Moskow, Kamis (10/11).


Dalam pertemuan tersebut, Bogdanov menegaskan bahwa masalah Damaskus harus diselesaikan dengan jalan diplomasi dan damai serta menghindari intervensi asing.


Ditambahkannya, untuk meraih tujuan itu masyarakat intenasional harus ikut mendorong pemerintah Suriah dan kelompok oposisi untuk memulai dialog nasional berdasarkan usulan Liga Arab.


Pejabat Washington dan Moskow itu juga menyatakan kekhawatiran mereka tentang menurunnya proses perundingan Palestina dan Israel. Keduanya juga sepakat untuk melanjutkan kerjasama dalam kerangka Komite Kwartet guna membantu keluarnya Timur Tengah dari kebuntuan.


Tidak seperti Amerika dan negara-negara Barat, Rusia menginginkan masalah Suriah diselesaikan dengan cara diplomasi khususnya dialog langsung antara pemerintah Damaskus dan oposisi serta meminta para pejabat Suriah untuk melakukan reformasi dalam pemerintahan. Rusia juga menentang segala bentuk intervensi asing terhadap Suriah.


Beijing dan Moskow telah beberapa kali memveto usulan resolusi Barat yang memojokkan Damaskus.


Sumber : IRIBIndonesia