Perundingan Wapres dan Kongres Gagal, AS Menuju Kebangkrutan

ImagePertemuan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joseph Biden dengan para delegasi dari kubu Republik di Kongres, gagal dan berakhr tanpa mencapai kesepakatan apapun.


Kantor berita Fars mengutip laporan Fox New menyebutkan, Biden gagal membujuk para anggota Kongres untuk menyepakati solusi peningkatan batas utang pemerintah. Tingkat utang pemerintah Amerika Serikat akan mencapai batasnya pada awal Agusus mendatang dan jika waktunya tiba dan pemerintah Amerika Serikat tidak mampu menemukan solusi, maka pemerintahan Presiden Barack Obama akan dinyatakan bangkrut.


Dalam perundingannya, Biden gagal memembujuk Kongres agar menyetujui kenaikan pajak yang akan mendongkrak pendapatan pemerintah.


Menyusul semakin dekatnya tenggat waktu tersebut, Biden dan Menteri Keuangan Amerika, Timothy Geithner, kemarin (9/6) menggelar sidang tertutup selama satu setengah jam dengan para delegasi tinggi Kongres, membahas rencana kenaikan pajak. Usulan pemerintah Obama untuk menaikkan pajak itu ditentang tegas oleh Kongres di saat Amerika saat ini menghadapi krisis ekonomi.


Pemimpin mayoritas Senat Amerika Serikat dari Virginia, Eric Cantor, mewakili kubu Republikan menyatakan, "Upaya pemerintah untuk meningkatkan pajak di DPR yang berada di tangan Republikan, tidak akan disetujui."


Peningkatan jumlah utang pemerintah dan berlanjutnya krisis ekonomi di Amerika Serikat, semakin mengikis simpanan kredit negara ini.


Moody's Corperation, perusahaan riset finansial internasional dan analisis komersial di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, memperingatkan resiko peningkatan utang pemerintah dan jika pihak Kongres tidak mencapai kesepakatan dalam hal ini, maka Washington akan dinyatakan bangkrut. (irib)