Perang Afghan Timbulkan Pertentangan di AS

ImageMedia AS Washington Post pada hari Minggu, 22 Mei. Melaporkan duta besar Amerika Serikat di Kabul menentang pengiriman lebih banyak pasukan ke Afanistan, sementara administrasi Obama berunding untuk mengirim gelombang pasukan tambahan ke negara para Mullah tersebut.


Dalam dua telegram yang diklasifikasikan, Jenderal Karl W. Eikenberry menyatakan oposisi yang kuat untuk pengerahan ribuan pasukan ke Afghanistan.


Dia juga menyuarakan kekhawatiran yang kuat atas "perilaku aneh" Presiden Afganistan Hamid Karzai yang didukung Barat.


Eikenberry, seorang mantan komandan di Afghanistan, bergabung dengan pertemuan dewan perang Obama pada hari Rabu untuk menekankan pertentangannya terhadap strategi penambahan pasukan yang diusulkan.


Dia menegaskan bahwa pengiriman lebih banyak pasukan Afghanistan akan meningkatkan ketergantungan pada pasukan keamanan AS.


Utusan yang telah menjabat dua militer di Afghanistan itu mengatakan lebih banyak pasukan tidak boleh digunakan sampai Karzai menunjukkan dia bisa mengatasi korupsi yang terang-terangan terjadi.


Oposisi utusan tersebut bentrok dengan komandan tinggi AS dan NATO Jenderal Stanley McChrystal, yang telah mendesak untuk mengirimkan 50.000 lebih pasukan ke Afghanistan.


AS, yang menyerang Afghanistan pada tahun 2001, telah menghadapi serangan yang kuat dari Taliban.


Oposisi publik terhadap perang Afghan sedang berkembang, dengan sekitar 800 prajurit kehilangan nyawa mereka di Afghanistan dan jumlah korban sipil yang terus meningkat.


Sebuah jajak pendapat CNN / Opinion Research Corporation pada Rabu menemukan bahwa 56 persen orang AS menentang pengiriman lebih banyak pasukan ke Afghanistan.


Mencerminkan utusan oposisi, Gedung Putih memperingatkan bahwa komitmen AS ke Afghanistan tidak "berujung terbuka".


"Presiden percaya bahwa kita perlu memperjelas bagi pemerintah Afghanistan bahwa komitmen kami tidak berujung terbuka," kata Gedung Putih.


"Setelah bertahun-tahun investasi besar oleh rakyat AS, pemerintahan di Afghanistan harus membaik dalam jangka waktu yang wajar."


Administrasi Obama telah bersikap kritis terhadap Presiden Afghanistan atas kegagalan untuk menangani yang korupsi merajalela di negara ini.


Karzai membuat administrasi Obama berang dengan mengatakan bahwa Barat memiliki sedikit kepentingan di Afghanistan dan bahwa pasukannya di sana hanya untuk alasan egois.


"Barat tidak ada di sini untuk kepentingan Afghanistan," Karzai mengatakan kepada televisi PBS.


"Mereka mengaku di sini untuk memerangi terorisme. AS dan sekutunya datang ke Afghanistan setelah 11 September. Afghanistan telah menjadi neraka setelahnya, namun tidak ada yang peduli tentang kita."


Pemimpin yang didukung Barat itu tidak bereaksi apa-apa ketika ditanya mengenai penarikan dari sebagian besar staf PBB dari Kabul setelah pemboman mematikan yang menewaskan lima pejabat PBB asing.


"Mereka mungkin atau mungkin tidak kembali," katanya. "Saya tidak berpikir Afghanistan akan menyadarinya."


Karzai mendapat kecaman atas penipuan besar-besaran yang menodai pemilihan presiden kedua negara tersebut.


Dia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan Afghanistan awal bulan ini setelah penantangnya Abdullah Abdullah, mundur dari run-off atas keluhan kegagalan Karzai dalam mengatasi penipuan. (SMcom)