M16 Salahkan Rusia Atas Dimulainya Perang Irak

ImageKepala agen intelijen Inggris MI6, John Sawers mengatakan Rusia menanggung kesalahan atas dimulainya perang di Irak. Pernyataan ini dikeluarkan dalam sidang dengar pendapat secara terbuka di London yang bertujuan untuk memapankan situasi ketika perang dimulai.


Sawers, yang saat itu menjabat sebagai penasihat di kantor perdana menteri, dikutip oleh BBC mengatakan bahwa Rusia mencegah diperkenalkannya "sanksi pintar" terhadap Irak di tahun 2001. Ia mengatakan bahwa sejumlah petinggi Rusia memberitahunya saat itu bahwa program sanksi pintar akan melukai kepentingan ekonomi beberapa perusahaan Rusia. Alasan resmi yang diberikan oleh delegasi Rusia adalah bahwan rencana sanksi itu terlalu luas dan rumit.


Sawers memberitahu penyelidik bahwa Rusia telah mem-veto putaran kedua sanksi terhadap Irak untuk melindungi kepentingan bisnisnya sendiri, membuat invasi menjadi tidak dapat dihindari.


"Saya akan mengatakan pada John Sawers bahwa itu adalah usaha yang bagus, tapi saya rasa tidak ada kebenaran sama sekali dalam pernyataannya," ujar Andrew Giligan. "Faktanya adalah seperti yang kita tahu, banyak negara yang melanggar sanksi terhadap Irak, dan faktanya adalah, seperti yang kita juga tahu, Irak benar-benar dilemahkan oleh sanksi dan tidak menghadirkan ancaman bagi siapa pun kecuali rakyatnya sendiri."


Pimpinan MI6 ini menuduh Rusia bekerjasama dengan Irak. Ia mengatakan bahwa Saddam Hussein meletakkan pemerintah Rusia di bawah tekanan untuk menggunakan keanggotaan permanennya dalam Dewan Keamanan PBB untuk memveto sanksi, dengan ancaman akan membatalkan kontrak bisnisnya.


Sementara itu, Rusia menentang invasi bersenjata ke Irak hingga saat-saat terakhir, dengan resolusi terakhir menyerukan untuk menahan diri dari keterlibatan militer pada tahun 2003, beberapa bulan sebelum perang Irak dimulai.


"Saya tidak mengerti bagaimana negara-negara yang menentang perang dapat disalahkan karena memulai sebuah perang. Sangat jelas dari semua bukti yang telah kita lihat dalam penyelidikan sejauh ini bahwa Inggris dan AS menginginkan perang sejak awal, dan mereka bertekad untuk melakukan apa pun agar terjadi perang, dan semua hal yang lain dilakukan hanya untuk menutupi tekad itu," ujar Giligan.


Sergey Utkin dari Institut Ekonomi Dunia dan Hubungan Internasional mengatakan bahwa "bagi publik Inggris dan komunitas internasional, tidak penting bagaimana Rusia bersikap sebelum perang, jauh lebih penting bagaimana situasi di Irak berkembang."


"Orang-orang tertarik untuk mengetahui apakah benar atau salah untuk menggulingkan semua anggota partai Saddam, meninggalkan Irak tanpa orang-orang yang memiliki pengalaman profesional. Orang-orang juga tertarik tentang bagaimana melalui situasi yang kita hadapi hari ini. Mengenai hal ini, kasus Rusia hanyalah bagian kecil dari sejarah."


Sergey Utkin menambahkan bahwa "mereka telah berulang kali menunjukkan bahwa mereka mendukung perang Irak hingga harus bertanggung jawab untuk itu. Mereka tidak memiliki pilihan lain, mereka tidak memiliki jalan lain untuk meloloskan diri dari hal itu, mereka hanya dapat membuktikan bahwa keputusan itu benar. Dan seluruh penyelidikan akan berjalan ke arah ini, mereka hanya akan bersikukuh bahwa keputusan ini benar."


Penyelidikan Irak masih dalam tahap-tahap awal, penemuannya belum akan dipublikasikan hingga akhir tahun depan namun telah ada beberapa kejutan. Menurut bukti, sumber informasi utama akan adanya senjata pemusnah massal di Irak datang dari seorang supir taksi.


Adam Holloway, seorang spesialis pertahanan, mengklaim informasi ini diperoleh MI6 secara tidak langsung dari seorang sopir taksi yang telah mendengar dua komandan militer Irak Saddam berbicara tentang senjata.


Klaim 45 menit adalah fitur kunci dari dokumen tentang "senjata pemusnah massal" Irak yang akan diluncurkan oleh Tony Blair pada bulan September 2002. Blair menerbitkan informasi ini untuk meningkatkan dukungan publik untuk perang.


Setelah perang, berkas tersebut menjadi sangat kontroversial ketika menjadi jelas bahwa beberapa informasi yang terkandung itu tidak benar. Sebuah penyelidikan yang dipimpin oleh Lord Butler ke dalam penggunaan intelijen di run-up untuk perang itu mengungkapkan bahwa MI6 pada saat itu menerima bahwa sebagian dari sumber-sumber informasi Irak tersebut tidak dapat dipercaya, tetapi laporan itu tidak mengidentifikasi siapa mereka.


Holloway, seorang mantan Grenadier Guard dan jurnalis televisi yang sekarang menjadi anggota komite pertahanan Commons, membuat komentar dalam sebuah laporan yang mengklaim ia telah menulis bahwa MI6 selalu punya keberatan tentang beberapa informasi dalam berkas tapi ini hal tersebut yang dikesampingkan ketika Downing Street sedang bersiap-siap untuk publikasi.


Dalam laporan ia menulis: "Di bawah tekanan dari Downing Street untuk menemukan bukti apa pun untuk mendukung kasus WMD, intelijen Inggris itu meremas agen mereka di Irak untuk mendapatkan informasi. Satu agen lalu datang dengan sesuatu tentang '45 menit' atau sesuatu tentang rudal yang diduga dibahas dalam pertemuan politik tingkat tinggi Irak.


"Tapi asal informasi ini tidak pernah dipertanyakan secara rinci sampai setelah invasi Irak, ketika menjadi jelas bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Pada akhirnya ternyata bahwa informasi itu tidak kredibel, itu berasal dari sopir taksi di perbatasan Irak-Yordania, yang telah ingat mendengar sebuah percakapan di bagian belakang taksinya dua tahun sebelumnya.


"Memang, dalam catatan kaki analis intelijen dalam laporan itu, bagian tersebut ditandai bahwa beberapa rudal yang diduga dimiliki pemerintah Irak itu mungkin terbukti tidak benar. Bahkan dapat dikatakan tidak ada. (SMcom)