Inilah Tiga Program Pertama Bambang Widjojanto


Calon pengganti pimpinan KPK Bambang Widjojanto, pada uji kepatutan dan kelayakan yang digelar oleh Komisi III DPR RI, Rabu (24/11/2010), mengungkapkan tiga program yang langsung dijalankan jika dipercaya menjadi pimpinan lembaga antikorupsi tersebut.

"Pertama, pembuatan roadmap. Data sudah ada dari BPK, KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian. Kita bisa bikin roadmap, dan menetapkan fokus dan prioritas," kata Bambang.

Kedua, Bambang akan melakukan kerja sama antarlembaga penegakan hukum terkait penanganan kasus korupsi. Ketika, Bambang akan mengadakan audit kinerja internal KPK. Dengan adanya audit internal, dapat diperoleh informasi soal kekurangan performa KPK.

Selain itu, Bambang berjanji akan membuat daftar kasus-kasus besar yang memperoleh perhatian publik bersama dengan komisioner KPK lainnya.

Tak hanya itu, KPK juga akan memberitahu kemajuan dari masing-masing kasus tersebut. "Bila mungkin, dikasih tahu kelemahan dari kasus-kasus itu sehingga bisa ditopang publik, dan dapat segera dibawa ke pengadilan," katanya.